17 Maret 2012

Septoplasty

Baiklah, saya akan menjelaskan gejala-gejala yang pernah saya alami sampai akhirnya saya harus di-"septoplasty" :
  • Setiap mau mendarat saya sering merasakan semua fluida yang ada di kepala mengalir menuju otak,mata,hidung. Sakit sekali rasanya. Bahkan pernah ngerasain kalo bola mata ini mau keluar. Selain itu kadang-kadang leher saya pun sakit, seolah-olah darah yang ada di leher belakang, mendorong tulang-tulangnya hingga ke atas.
  • Saya sering pilek, banyak yang nyangka polip. Tapi gatau sih, soalnya setiap olahraga pilek-pilek itu selalu hilang. Makanya gejala ini hanya terjadi saat mulai kuliah hingga sekarang. Waktu SMA malah ga pernah kayanya.
  • Saya sering mimisan. Dari kecil, SD, SMP, SMA (jarang sih), hingga kuliah.
  • Kata bapak saya, dulu waktu umur 3 tahun, saya pernah lari kenceng terus nabrak kolom masjid. Gara-gara hijab yang belakang itu nutupin kolom. Ga tau dibelakang kain hijau itu kolom. Dan karena itu, kata dokter THT, sekat hidung saya (di dalam) bengkok.
Saya menceritakan gejala-gejala di atas ke dokter THT 3 hari yang lalu, karena merasa pilek-pilek, flu, dll. nya ga sembuh-sembuh sejak awal bulan. Mumpung masih di Indonesia, saya mau nyelesein masalah ini dulu. Akhirnya sang dokter pun berkesimpulan: hidung saya harus dioperasi, nama operasinya: Operation Market Garden...eh...ya bukanlah...nama operasinya adalah nama judul tulisan ini.

Banyak yang nyangka ini operasi plastik semacam mancungin hidung. Saya juga tadinya nyangka gitu. Tapi dokternya menjelaskan: (sipil mode:on) kalau diibaratin tulang hidung luar kita itu kuda-kuda, maka yang mau dibenerin ini adalah dindingnya (elemen non-struktural). Begitulah kira-kira (sipil mode: off). 

Hari Kamis pagi, tepat sebelum operasi, saya googling dulu tentang septoplasty di sini. Yang kemudian akhirnya saya sesali. Karena dengan begitu saya membayangkan sesuatu yang mengerikan, bius lokal pula, jadinya saya masih "hidup" saat suara "krek, krek", "centang, centong", "tok, tok", berbunyi di sekitar saya. Dan selama operasi itu imajinasi saya berkembang.

Jadi, operasi septoplasty itu seperti ini:
----------
(saya ga tega ceritanya)

---------
Sekian gambaran dari saya. Sudah tergambar kan? Gimana prosesnya.

Yang pasti buat teman-teman yang harus mengalami operasi Septoplasty dan operasi tingkat "sedang" lainnya, tips dari saya adalah:

Niatkan klo ini adalah ikhtiar untuk memperbaiki kesehatan agar bisa berjuang lebih optimal lagi di dunia ini.

Mohon doanya semoga saya cepat pulih dan gejala-gejala yang tadi disebutkan di atas, hilang semua. Amiiiin. :)




13 comments:

Ghani mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

FYI:
Hingga saat ini saya sudah memasuki 2 musim di Jepang. Pertama, musim semi yang masih memiliki sisa-sisa musim dingin: suhu saat itu sekitar 10-11 derajat celcius. Kondisi udara kering. Kedua, musim panas, suhu maksimal yang pernah saya rasakan 31 derajat celcius. Kondisi udara lembap.

Alhamdulillah sudah tidak ada lagi gejala-gejala yang saya alami seperti sebelum di operasi. Kondisi hidung normal dan aktivitas tidak ada yang terganggu.

Sania mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

biaya nya berapa?lalu apakah harus rawat inap?

Masrur Ghani mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

@Sania
Maaf baru balas. Saya lupa biayanya, tapi klo ngga salah sekitar 700 ribu an.
Itu rawat jalan aja.

ddd mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

Hidung kita dibelak belek gak sih?

Masrur Ghani mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

@ddd

Ngga kok. Tenang aja. Insya Allah ga akan memengaruhi fungsi estetis hidung :)

NUR H mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

Mas itu Pas waktu Septoplasty di RS mana ???
info dong please

Masrur Ghani mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

@NUR H
Maaf baru bales. Dulu di RS Hasan Sadikin Bandung (bagian THT). Tapi dokternya praktek juga di kimia farma bandung yang ada di jalan Braga.

NUR H mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
NUR H mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

hidung saya kena bentur sudah 5tahun lalu mas...
jadi sekat tulang hidung sebelah kanan nyimpang banget...
biaya kemarin kena brp smuanya mas ?
nama dokter nya siapa ?
soalnya saya dari lampung tolong bantuanny mas..

Masrur Ghani mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

@NUR H
Dulu tahun 2012, kena 700ribu. Nama dokternya lupa..

Parida Johanna mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

Mas mau tanya total semua durasi dari mulai sebelum operasi hingga pemulihan berapa lama? Bisa tolong jelaskan?

Parida Johanna mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

Mas mau tanya total semua durasi dari mulai sebelum operasi hingga pemulihan berapa lama? Bisa tolong jelaskan?

Masrur Ghani mengatakan... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

@Parida Johanna
Maaf baru balas.
Tidak ada treatment apapun sebelum operasi.
Operasi hanya berlangsung 1 jam kira-kira.
Setelah operasi, hidung disumbat karena mengeluarkan darah. Kira-kira dalam 2-3 hari sudah kering dan sumbatan bisa dilepas. Setelah itu hidung secara rutin perlu dibersihkan dengan air steril (kira-kira berlangsung 2 minggu atau lebih, sampai air sterilnya habis).