22 Desember 2011

Steve Jobs Part 1: No Spoiler Alert ;)

Sebenernya baru 2/7 saya baca buku tebel gede putih tentang Steve Jobs. Buku ini adalah buku biografi resmi tentang Steve jobs, karena ditulis berdasarkan request dari Bung Steve. Sebelum-sebelumnya Jobs ga pernah mau diwawancara untuk dibikin biografinya. jadi setelah (mungkin) dia merasa waktunya sudah "dekat", dia minta Walter Isaacson untuk menulis tentang dirinya.
Pantes aja dulu pas awal tahun, saya sempet nyari-nyari buku biografi Steve Jobs, tapi ga nemu-nemu. Yang ada paling buku tipis tentang Steve Jobs, yang saya yakin penulisnya hanya meng-compile cerita-cerita dari media. Saat itu saya nyari buat inspirasi bikin slide TA + sidang. Hehe. Kan terkenal tuh presentasinya Steve Jobs. Dapet sih materi tentang itu, judulnya The Presentation Secrets of Steve Jobs, ditulis oleh Carmine Gallo, tapi itu memang bukan biografi.


Jobs was also an imperfect man


Dapet cerita-cerita dari orang dan media, membuat saya membayangkan bahwa Steve Jobs adalah sosok yang keren, bijaksana, cerdas, kharismatik, pokonya yang plus-plus deh. Tapi ternyata banyak juga sisi negatifnya. Untungnya Steve Jobs mengizinkan Walter (sang penulis) untuk menulis cerita dia apa adanya. Jadi saya bisa belajar banyak dari kisah hidupnya. Dan menikmati buku ini seperti mempelajari psikologi orang-orang, interesting! (jadi ingin belajar psikologi :D )

Yang membuat saya tertarik, ternyata sosok Steve itu, adalah sosok yang, kalau saya berteman dengan dia, pasti dia orang yang akan saya kesali. Maksudnya, saya akan kesal terhadap sikap dia yang selengekan tapi pada akhirnya, cara yang dia pakai akan berhasil mencapai impiannya. Wallahualam, apakah cara seperti ini berlaku juga dalam kehidupan orang lain untuk mencapai sukses? Tapi saya sempat kenal dengan pribadi-pribadi seperti Steve Jobs ini di lingkungan saya. Terutama sifat "distorsi realitas lapangan"-nya, yang  juga dimiliki beberapa teman, atau mungkin disebut rival, atau mungkin musuh bebuyutan saya...hmm yah, begitulah :p

Saya belum selesai baca bukunya, tapi menurut saya akan sangat menarik menyelami biografi orang-orang. Dan dari sekian banyak buku biografi yang pernah saya baca, hanya buku inilah, yang saya rasa, bercerita apa adanya. Buku ini telah mengingatkan saya untuk "don't judge a book by its cover" dan "keep dreaming, keep struggling".

Oke, saya lanjut dulu ya bacanya, kalau ada pengalaman yang menarik lagi, akan saya share di sini... ;)

0 comments: