30 September 2010

G 30 S

Tampak jelas Pahlawan Revolusi
yang bernama Jenderal Ahmad Yani
telah gugur di kota Jakarta
atas kekejaman PKI

Sungguh kejam PKI itu
tujuh jenderal dibunuhnya
dimasukkan ke lubang buaya
tiada rasa keadilan

Lagu ini saya dengar pertama kali saat kelas 2 SD. Dulu, guru saya Bu Heni, yang menuliskan ini di papan kelas. Rasanya ini lagu yang tidak populer dinyanyikan yang langsung saya hapal saat itu juga. Karena lagu ini menurut saya sangat berhubungan dengan saya.

25 September 2010

Blessing in Disguise

... kalimat ini saya dengar pertama kali dari Pa Dimitri Mahayana, waktu berkunjung ke TN sekitar tahun 2005 atau 2006 lalu, ketika saya duduk di bangku kelas 3

Blessing in disguise ini dalam Bahasa Indonesia artinya "rahmat/berkah yang terselubung". Jika diartikan secara definisi memang susah, tapi secara praktis artinya: dalam kondisi tertentu yang kita alami (beberapa dalam kondisi buruk) ada rahmat yang diberikan Tuhan kepada kita dan kita tidak menyadari itu di awal-awal.

Contohnya, saat ada pembagian makanan gratis, kita ngga kebagian, tapi ternyata orang-orang yang makan makanan itu mengalami diare karena makanan tersebut kurang higienis. Kita pun selamat, karena tidak ikut makan.
Contoh lainnya, suatu saat motor yang kita miliki rusak parah. Mau ke bengkel ngga punya uang, akhirnya terpaksa kita perbaiki sendiri. Proses perbaikan tersebut menyita waktu belajar kita, tapi kita jadi hapal seluk beluk motor. Itulah blessing in disguise.

Di semester terakhir (ups, sori, semester 'ekstensi' maksudnya) ini saya juga merasakan berbagai BiD (Blessing in Disguise) yang benar-benar memberikan saya banyak pengalaman dan pelajaran. Sebenernya saya ga mau cerita dulu sampai akhirnya saya berada di akhir perjuangan kuliah S1 ini, tapi apa salahnya di share...iya ga? Iya lah ya...

08 September 2010

Sudahkah Anda Membayar Zakat?

Rukun Islam yang lima...

syahadat,sholat,puasa...

zakat untuk si papa, haji bagi yang kuasa...

siapa belum sholat...dor!

siapa belum zakat...

kan rugi di akhirat...

pasti Allah melaknat...

Pernah denger lagu itu?

Lagu?? Iya, coba nyanyiin pake irama lagu 'Balonku'. Lagu ini ada di halaman belakang buku 'Iqra' (belajar baca Quran) yang warna-warni dari jilid 1-6. Pasti ada yang inget kan buku yang sering dibaca waktu kecil....

Akhir-akhir ini ada sesuatu yang mengganjal di hati saya. Terutama menyangkut rukun Islam ke-4. Akhir-akhir ini ada kejadian-kejadian yang ngingetin saya tentang rukun Islam ke-4 ini. Kurang lebih udah 3 kali saya denger khutbah tentang kewajiban bayar zakat selama Ramadhan ini dan pengalaman itu bikin saya suka ga enak jalan dan ga enak hati. Waktu saya taraweh di DT, khutbahnya tentang zakat. Waktu "maen2" ke kantor owner disodorin buletin tentang zakat. Waktu bangun tidur pun pernah tiba2 Bapa saya ngingetin tentang bayar zakat. Sepertinya akhir-akhir ini kata 'zakat' selalu terngiang-ngiang di kepala saya.