23 Desember 2009

Game Saat Muda: HEIST

Kemaren, pas lagi baca paper buat UAS asben, iseng buka-buka CD storage dan nemu CD Heist. Heist (Heist=perampok)?? Ya. Game ini game lama. Produksi tahun 2000 dari Virgin Interactive. Saat memandangi CD game tersebut, sejenak pikiran saya langsung kembali ke tahun 2000-2001. Saat itu saya baru punya komputer Pentium 233 Mhz. Barang second kalo ga salah. Harddisknya cuma 4 GB, dengan RAM 32 MB, tanpa VGA card. Komputer itu dibeli dengan harga 3 juta (wiiih...sekarang 3 juta udah bisa beli PC yg kualitasnya berlipat2 dari itu). Saat ayah saya membeli komputer itu, akhirnya hasrat saya ingin punya komputer terpenuhi juga. Maklum, dari kelas 5-6 SD saya suka ngiler liat kecanggihan komputer. Akhirnya hampir tiap kali ada pameran di Landmark saya kunjungi demi merasakan kecanggihan teknologi dan game gratis yang bisa dimaenin di sana.

Game-game pertama yang mengisi kekosongan harddisk 4 GB saya adalah game pinjeman dari Adhi P.U., temen sebangku di kelas 1i SLTPN 5 Bandung (sekarang katanya dia masuk Akpol, dan tepat hari ini seharusnya udah dilantik jadi perwira). Game yang dia pinjemin salah satunya ya HEIST ini, selain Sonic Adventure, Scud, Virtua Cop, dll.



Dulu pertama kali nginstall penuh perjuangan banget. Secara CD-ROM nya juga kualitasnya udah ga karuan. Tiap kali gamenya bisa jalan, hati ini terasa berbunga-bunga banget (emangnya Maliq!). Beda jauh sama kemaren, pas nginstall game ini LAGI di leptop. Kenceng banget, meskipun CD nya udah hampir 1 dasawarsa.

Game ini bercerita tentang seorang kriminal yang lolos dari penjara dan harus melakukan kerjaan dari bos virtualnya. Si Bos ngontak dia lewat telepon2 di kios2 dan dari informannya yang harus kita temui di tempat-tempat umum. Mirip game apa coba?? GTA ! Ya! GTA banget. Tapi generasi yang lamanya.



Gamenya untuk ukuran awal tahun 2000 memang sangat memukau sayah. Lumayan, itu kali pertamanya saya mendapatkan gambaran situasi di luar negeri (Amerika Serkat) lewat game. Asik banget maeninnya (dulu), sampe sering lupa waktu.


Waaah...pokonya nginstall HEIST ini bikin saya bernostalgia ke masa-masa SMP dulu. Hehe.

0 comments: