20 Januari 2009

Review Semester 5...

Hari ini seharusnya seluruh nilai di semester 5 udah keluar. Tapi sayangnya tinggal analisis struktur nih yang masih kepikiran...

Isi postingan ini review, tapi bukan nge-review nilainya (hehehe)--privasi itu mah. Let's see my subjects in last semester:

1. Analisis Struktur 1
Masih 1 keluarga dengan statika/pengstruk & mekanika bahan. Isinya mempelajari metode-metode yang digunakan untuk menghitung besar defleksi pada balok, besar sudutnya, perataan momen, dsb. Klo di statika kita belajar menyelesaikan struktur statis tentu, di Anstruk 1 ini kita menyelesaikan soal-soal struktur yang sifatnya statis tak tentu...Nah, jadi jgn bilang klo soal statis tak tentu itu ga bisa diselesain, Anstruk inilah jawabannya.

2. Struktur Beton
Ini nih mata kuliah aplikasi dari anstruk dan keluarganya. Dia buah cinta dari Anstruk, Rekayasa bahan, dan Mekanika bahan. Struktur beton ini cukup menarik, soalnya aplikatif. Tapi klo udah memasuki bagian ngitung2nya.Haha...siap-siap aja buat berpusing-pusing ria.

3. Rekayasa Prasarana Antar Moda
Di sini kita belajar rekayasa bandara dan pelabuhan. Bagaimana merancangnya, aturan-aturan yang harus dipenuhi, dan sistem manajemennya. Di semester 5 kemaren kami dapet tugas besar mendesain bandara dan pelabuhan. Saya kebagian bandara di Jayapura (Sentani) dan pelabuhan Teluk Bayur. Kuliahnya asik.

4. Mekanika Tanah II
kelanjutan Mektan I. Kuliah yang sangat saya minati, namun sayang pas Mektan I malah ngulang...haaaah. Di sini kita belajar tentang stabilitas lereng, kuat geser tanah, dll. Dosennya praktis banget. Beliau cukup aplikatif pas ngajar (banyak proyek sih).

5. Irigasi dan Bangunan Air
Sebagai calon insinyur teknik sipil, kita pun bertanggung jawab dalam penyediaan pangan rakyat. Dalam mata kuliah inilah kita mempelajari cara membangun sistem irigasi. Dimulai dari menganalisis daerah rencana, curah hujan & iklim, menentukan varietas tanaman, dan mendesain jaringan (saluran) irigasi. Dosennya wuokee banget (lagi dapet proyek juga nih).

6. Manajemen Konstruksi
Kami diajar oleh dosen wanita favorit dan lagi ada proyek juga. Mata kuliahnya menyenangkan. Di sinilah terlihat klo Teknik Sipil itu jurusan yang membutuhkan kepemimpinan juga. Mimpin banyak orang untuk melaksanakan suatu proyek. Kita diajarin memanage 5M (man, machine, money, material, ...emh.. 1 lagi apa yaa?hehe).

7. Rekayasa Lingkungan
Mata kuliah teknik lingkungan. Kita belajar ini agar suatu saat nanti bisa membangun dengan tetap cinta lingkungan. Yup, clean development mechanism, itu yang diharapkan. Kuliahnya rame, banyak nonton, tapi wawasan juga tetep ngalir. Dosennya asik, senang berdiskusi. Sehabis ikut kuliah ini saya jadi makin sayang, eh cinta sama lingkungan... :)

Itu dia isi mata kuliah semester 5 kemaren. Semoga semester depan semakin asik...Amin.


0 comments: